Visit Yogyakarta / Jogja

15 November 2008

Kuyt-Gerrard Menangkan Liverpool

Bolton - Liverpool meraih kemenangan kesepuluhnya yang mengantar mereka memuncaki klasemen Premiership. Bertandang ke Bolton Wanderers, The Reds unggul 2-0 lewat gol Dirk Kuyt dan Steven Gerrard.

Tambahan tiga poin ini membuat perolehan poin Liverpool menjadi berjumlah 32, unggul tiga atas Chelsea yang baru akan bertanding menghadapi West Bromwich Albion beberapa jam mendatang.

Sementara itu buat Bolton, kekalahan ini menghentikan hasil bagus yang mereka dapat di dua pertandingan sebelumnya setelah menundukkan Manchester City dan Hull City. Dengan poin 14 mereka tertahan di posisi 11 klasemen.

Jalannya Pertandingan

Di Reebok Stadium, tuan rumah tampil dengan tempo cukup tinggi di awal pertandingan. Sepakan Matthew Taylor di menit kedua nyaris membuat Bolton unggul andai arah bola tak menyamping dari sasaran.

Liverpool butuh waktu untuk akhirnya bisa membuka peluang pertamanya di menit 22. Gerrard yang beraksi di sisi kanan melepaskan umpan pada Kuyt, namun tembakan keras striker Belanda itu membentur mistar meski kiper Jussi Jaaskelainen sudah tak berdaya.

Peluang tersebut ternyata menjadi pertanda awal keunggulan tim tamu karena enam menit berselang mereka mampu mencetak gol keunggulan. Dari umpan silang Fabio Aurelio di sisi kiri, tandukan Kuyt ke arah tiang jauh tak kuasa dihalau Jaaskelainen. Inilah gol keenam Kuyt sepanjang musim ini buat The Kop.

Dua menit berselang Robbie Keane nyaris menambah keunggulan, namun peluang matang yang dia miliki di muka gawang terbuang percuma. Setelah cukup dibuat repot di awal laga, Liverpool mulai mendominasi di paruh kedua babak pertama.

Di masa injury time publik Reebok Stadium sempat bersorak kegirangan saat Gary Cahill menjebol jala Pepe Reina untuk menyamakan kedudukan. Namun wasit membatalkan gol tersebut karena menganggap telah terjadi pelanggaran sebelumnya.

Di awal babak kedua tuan rumah mencoba menekan untuk mencari gol penyama. Memasuki menit 48 sepakan Johan Elmander ke arah tiang dekat diantisipasi dengan sangat baik oleh Reina. Sementara upaya Ricardo Gardner empat menit berselang juga tak berujung gol, sukses melewati Reina, gelandang Jamaica itu terpeleset saat menendang bola ke arah gawang yang kosong.

Liverpool tak berdiam diri ditekan. Namun peluang menambah keunggulan kembali terbuang saat sepakan Gerrard sambil menjatukan diri dalam upayanya menyambut umpan Torres gagal berbuah gol, padahal saat itu dia berhadapan dengan gawang yang kosong.

Gerrard tak membuang peluang kedua yang dimilikinya beberapa menit berselang. Tandukannya meneruskan umpan Torres dari sisi kanan mengubah kedudukan menjadi 2-0 di menit 73.

Lima menit sebelum bubaran Bolton nyaris memperkecil ketinggalan kembali lewat Gardner. Lolos dari jebakan offside dan kembali tinggal berhadapan Reina, tendangan dia melayang jauh dari sasaran.

Tiga menit berselang gantian Liverpool yang berpeluang mencetak gol ketiganya. Namun upaya Torres tak dinaungi nasib baik karena sepakannya diselamatkan tiang gawang.

Tak ada gol tambahan tercipta di waktu tersisa yang membuat laga berkesudahan 2-0.
( din / din )
(by.Doni Wahyudi - detiksport, http://www.detiksport.com/sepakbola/)

Tidak ada komentar:

Related Post