Visit Yogyakarta / Jogja

19 Oktober 2008

Gol Tunggal Eto'o Menangkan Barca

Berita Bola: Bilbao - Barcelona sukses menekuk Athletic Bilbao dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal kemenangan mereka dicetak oleh Samuel Eto'o.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion San Mames, Senin (20/10/2008) dinihari WIB, kedua kesebelasan memainkan permainan yang relatif berimbang. Bertindak sebagai tuan rumah, Bilbao sempat beberapa kali mengancam gawang Barcelona, pun begitu sebaliknya.

Samuel Eto'o akhirnya menjadi pahlawan lewat golnya di menit 63. Gol tersebut memastikan raihan tiga angka bagi El Barca dalam pertandingan ini sekaligus menempatkan mereka duduk di posisi tiga klasemen sementara dengan nilai 16. Poin tersebut sama dengan nilai Real Madrid, namun pasukan Josep Guardiola lebih unggul dalam urusan selisih gol.

Sementara itu Bilbao terpaksa harus turun ke peringkat 17 dari posisi 15. Mereka mengumpulkan poin lima dari tujuh pertandingan yang telah dijalani.

Bilbao memulai pertandingan dengan baik. Baru enam menit laga berjalan, mereka sudah menadpatkan peluang untuk mencetak gol. Namun, tendangan Igor Gabilondo menyambut operan matang David Lopez masih menyamping di sisi kiri gawang Barcelona.

Pada menit 21 giliran Barca yang berpeluang untuk mencetak gol. Sebuah tusukan Andres Iniesta dari kanan berhasil menembus pertahanan Bilbao. Ia akhirnya melepaskan sebuah tendangan, namun masih melambung di atas gawang.

Delapan menit menjelang babak pertama usai, Gabilondo mengirim umpan kepada Joseba Garmendia yang berada di dalam kotak penalti. Tetapi, nama terakhir gagal mengubahnya menjadi gol karena bola sundulannya masih melambung di atas mistar gawang.

Di babak kedua kerjasama antara Daniel Alves dan Iniesta kembali membuat gawang Bilbao terancam di menit 48. Umpan Iniesta ke daerah pertahanan tuan rumah berhasil diterima Victor Sanchez, tetapi sepakannya masih melambung di atas gawang.

Barca akhirnya memecah kebuntuan pada menit 63. Sebuah umpan terobosan dari Thierry Henry berhasil diterima oleh Samuel Eto'o. Penyerang asal Kamerun itu pun dengan tenang melewati Fernando Amorebieta, bek yang mengawalnya, kemudian melepaskan tendangan kaki kiri yang lantas bersarang di jala Bilbao. Barca unggul 1-0.

Meski beberapa peluang sempat diciptakan oleh kedua kesebelasan setelahnya, gol Etoo pada akhirnya menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan ini. Skor 1-0 untuk kemenangan Los Blaugranas tetap tak berubah hingga akhir pertandingan.

Susunan Pemain:

Athletic Bilbao: Gorka Iraizoz, Fernando Armorebieta, Aitor Ocio, Mikel Balenziaga, Andoni Iraola, Pablo Orbaiz, Joseba Garmendia (Susaeta 63), Fernando Llorente, Francisco Yeste, Igor Gabilondo, David Lopez.

Barcelona: Victor Valdes, Gerard Pique, Rafael Marquez (Carles Puyol 66), Eric Abidal, Daniel Alves, Yaya Toure, Seydou Keita (Sergi Busquets 32), Victor Sanchez, Thierry Henry, Samuel Eto'o, Andres Iniesta.
(dtc/roz/krs)

(by.Berita Bola, http://www.beritabola.com/)

Tidak ada komentar:

Related Post