Visit Yogyakarta / Jogja

26 September 2008

Qualcomm Jadi Otak di Ponsel Google


Jakarta - Qualcomm menyediakan teknologinya dalam 'ponsel Google' pertama di dunia. Prosesor alias otak perangkat HTC G1 itu merupakan chipset Qualcomm.

Qualcomm melakukan hal itu sebagai bagian dari dukungannya terhadap platform Android yang disponsori Google sebagai platform ponsel terbuka di dunia. Qualcomm merupakan anggota Open Handset Alliance.

Ponsel yang kerap disebut sebagai 'ponsel Google' pertama itu memiliki nama resmi T-Mobile G1. Ponsel produksi HTC itu merupakan yang pertama mengguakan Android sebagai basis piranti lunaknya.

"Peluncuran T-Mobile G1 merupakan sebuah terobosan bagi platform aplikasi bergerak terbuka berbasis Linux," kata Paul Jacobs, chief executive officer, Qualcomm dalam siaran pers yang diterima detikINET, Jumat (26/9/2008).

Qualcomm menyatakan telah mengoptimalkan software Android dengan chipset MSM7201A. Chip dual-core itu menjadi otak G1 dalam pemrosesan data, multimedia, 3D graphics dan koneksi 3G.

Selanjutnya, Qualcomm mengatakan akan bekerja sama dengan produsen lain untuk mengembangkan handset berplatform Android. Produsen ponsel anggota Open Handset Alliance termasuk HTC, Samsung, LG dan Motorola.

(by.Wicak Hidayat,http://www.detikinet.com/)

Tidak ada komentar:

Related Post